Follow Us @dianaerida

Sabtu, 09 Januari 2016

Pengaruh Gadget Terhadap Lingkungan Sosial

Zaman sekarang komunikasi sudah amat mudah dilakukan dan sangat berkembang dari zaman ke zaman, mulai dari surat hingga ke elektronik. Bahkan elektronik tersebut sudah dapat diakses dimana saja menggunakan  telepon genggam dan sekarang menjadi semakin berkembang menjadi ponsel pintar. Ponsel pintar tersebut memiliki fitur yang sudah canggih hingga mempunyai berbagai macam aplikasi seperti media sosial dan juga program chatting. Hampir setiap orang mempunyai ponsel pintar khususnya kalangan muda saat ini. Anak muda saat ini cenderung ketagihan bermain ponsel pintar tersebut atau biasa disebut gadget.

Sekarang dengan menggunakan gadget tersebut mempunyai pengaruh positif dan sayangnya gadget ini juga mempunyai beberapa pengaruh negatif. Salah satu pengaruh positif tersebut adalah bisa mendekatkan kerabat yang jauh dan negatifnya dapat menjauhkan yang dekat. Apa maksud dari pernyataan ini? Maksudnya adalah kita mudah mengakses komunikasi untuk menghubungi kerabat kita yang berada jauh disana dan sayangnya karena candu dari gadget ini ketika suatu kelompok sedang berkumpul mereka sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Hal ini membuat mereka yang seharusnya berkumpul disebelah mereka seakan mempunyai jarak karena gadget mereka.
                                                                  gambar ilustrasi

Orang-orang yang kecanduan gadget bisa sampai seharian memegang gadgetnya. Hal ini menyebabkan orang-orang yang kecanduan gadget menjadi tidak produktif. Bahkan mereka sering menggunakan gadgetnya dalam berkendara maupun pejalan kaki di jalan raya, ini menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas karena mereka menjadi tidak fokus oleh sekitarnya. Namun banyak juga orang-orang yang menjadi lebih kreatif menggunakan ponsel pintarnya.

Gadget seharusnya bisa menjadi alat bantu orang yang menggunakannya namun jika digunakan terlalu berlebihan juga tidak baik baik lingkungan sosial dan sekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar