Follow Us @dianaerida

Kamis, 11 Oktober 2018

#SIP DEFINISI SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI


A.  DEFINISI
1.        Sistem
Pengertian sistem merupakan sebuah satu kesatuan dari seluruh bagian yang saling berkaitan dimana keberadaannya terdapat pada suatu wilayah atau bagian yang mempunyai item-item penggerak di dalamnya. Sedangkan menurut etimologi, sistem berasal dari kata Systema (Bahasa Latin) dan Sustema (Bahasa Yunani) yang mempunyai arti sebagai sebuah satu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan secara bersamaan supaya informasi atau materi dapat mengalir dengan mudah dan tanpa hambatan hingga mencapai tujuan.
Menurut Jogiyanto (2005) Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu
Indrajit (2001) mengemukakan bahwa sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.
Dari berbagai penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sistem merupakan sebuah satu kesatuan yang mengandung arti kumpulan dari komponen-komponen jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan sesuatu sehingga mencapai tujuan tertentu.
a.    Elemen sistem
      Input
      Proses
      Output


Gambar 1. 1 Model Sistem Komputer

2.        Informasi
Secara etimologi, informasi merupakan kata atau istilah yang berasal dari  informacion (Bahasa Perancis Kuno, tahun 1387). Sedangkan dalam bahasa Latin, informasi berasal dari kata Informationem yang mempunyai arti sebagai konsep ide atau garis besar.  Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam pengetahuan yang dikomunikasikan.

Menurut Jogiyanto (1999) informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
Menurut Gordon (1991) informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.
Dari pengertian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan suatu pengetahuan yang dapat dikomunikasikan dengan metode tertentu dalam pengolahan data yang lebih berguna dan berarti bagi penerima untuk mengambil keputusan.


Gambar 1. 2. Siklus Informasi


3.        Psikologi
Menurut asal katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu psyche yang berarti jiwa dan logia yang artinya ilmu, sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Psikologi merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan tentang perilakufungsi mental, dan proses mental manusia secara ilmiah.
Menurut Basuki (2008), bahwa psikologi itu adalah ilmu pengetahuan ilmiah yang mempelajari perilaku, sebagai menifestasi dari kesadaran proses mental, aktivitas motorik, kognitif, & emosional.
Morgan dalam Basuki (2008), psikologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dan binatang serta penerapannya pada permasalahan manusia.
Berdasarkan penjelasan psikologi di atas dapat disimpulkan bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang jiwa, perilaku, sebagai manifestasi dari keasadaran proses mental, aktivitas motorik, kognitif, dan emosional serta penerapannya.

4.        Sistem Informasi Psikologi
Sistem informasi psikologi adalah suatu satu kesatuan yang digunakan untuk memperoleh informasi yang bertujuan untuk memberi tahu informasi mengenai hubungan psikologi dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi untuk dapat meningkatkan pengguna dalam menggambil suatu keputusan,
Contoh Sistem Informasi Psikologi:
  Test IQ
  Analisa
  Tes Kepribadian http://kepribadianku.com/
  Tes Kepribadian berdasarkan bercak tinta http://theinkblot.com/
  Konsultasi anak  http://www.psikoanak.com/




DAFTAR PUSTAKA

Basuki, H. (2008). Psikologi umum seri diklat kuliah. Jakarta: Universitas Gunadarma.
Gordon B, D. (1991). Kerangka dasar sistem informasi manajemen bagian 1. Jakarta: PT Pustaka Binamas Pressindo.
https://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi
Indrajit. (2001). Analisis dan perancangan sistem berorientasi object. Bandung: Informatika.
Jogiyanto, H, M. (2005). Analisis dan desain sistem informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar