Follow Us @dianaerida

Kamis, 11 Oktober 2018

#SIP CBIS DAN EVOLUSINYA

Oktober 11, 2018 0 Comments

C.      CBIS dan Evolusinya
1.         CBIS
Computer Based Information System (CBIS) atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan. Istilah-istilah yang terkait dengan CBIS adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer.
Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

a.    Komponen-Komponen CBIS
Menurut Goel (2010) komponen CBIS terdiri dari :
1)   Hardware
Perangkat komputer seperti keyboard, monitor, processor, dan printer, digunakan untuk menampilkan input, proses, dan aktivitas output.
2)   Software
Program komputer yang memerintahkan operasi komputer.
3)   Database
Sekumpulan koleksi data yang terdiri dari dua atau lebih data yang saling berhubungan.
4)   People
Adalah yang bekerja dengan computer based information system. Orang adalah elemen yang paling penting dalam computer based information system.
5)   Procedures
Strategi, kebijakan, metode, dan aturan untuk menggunakan computer based information system.
6)   Telecommunication, network, and internet
Telecommunication dan network digunakan untuk menghubungkan komputer dan perangkat komputer di gedung, kota, daerah, atau sebrang dunia untuk memungkinkan terjadinya komunikasi elektronik. Internet adalah jaringan komputer terbesar di dunia, yang merupakan interkoneksi jaringan.

Gambar 3.1. Computer Base Information System (CBIS)

b.   Fungsi CBIS
1)   Mengahasilkan informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya
2)   Menambah penghasilan (dalam perusahan berbasis ekonomi)
3)   Menghemat waktu (time saving), biaya (cost saving) dan tenaga
4) Peningkatan efektivitas, pengembangan teknologi, dan pengembangan personel
5)   Meningkatkan kreativitas.
6)   Sumber data

2.         Evolusi
Usaha penerapan komputer dalam bidang bisnis terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi. Tahapan perkembangan tersebut yaitu:
a.    Fokus awal pada Data (electronic data processing – EDP)
Didukung dengan munculnya punched card dan key driven book keeping machines, dan perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya. Aplikasi yang digunakan sistem informasi akuntasi (SIA).
b.    Fokus baru pada Informasi (management information sistem – MIS)
Seiring denga diperkenalkannya generasi baru alat penghitung yang memungkinkan pemrosesannya lebih banyak. Hal tersebut dioerientasikan untuk kosep penggunaan komputer sebagai sistem informasi manajemen (SIM), yang berarti bahwa aplikasi komputer harus diterapkan dengan tujuan utama untuk menghasilkan informasi manajemen.
c.    Fokus Revisi pada Pengambilan Keputusan (Decision support sistem – DSS)
Merupakan hal yang berbeda dengan konsep SIM. DSS adalah sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan serta diambil keputusannya oleh manajer.
d.    Fokus sekarang pada Komunikasi (office automation – OA)
OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas di antara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik. OA telah berkembang meliputiberagam aplikasi seperti konferensi jarak jauh (teleconference), voice mail, e-mail (surat elektronik), electronic calendaring, facsimile transmission, dan desktop publishing. Istilah lainnya dalam menggunakan semua aplikasi AO tersebut dinamakan dengan kantor virtual (virtual office).
e.    Fokus potensial pada Konsultasi (artificial intelligence/expert sistem – AI/ES)
Ide dasar AI adalah komputer dapat deprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia. Sistem pakar adalah suatu sistem yang berfungsi sebagai seorang spesialis dalam suatu bidang. Sistem yang menggambarkan segala macam sistem yang menerapkan kecerdasan buatan untuk pemecahan masalah dinamakan dengan sistem berbasis pengetahuan (knowledge-bases system).

a.      EDP
Pemrosesan data elektronik (disingkat PDE) (Inggriselectronic data processing disingkat EDP) adalah metode dalam suatu pemrosesan data komersial. Sebagai bagian dari teknologi informasi, EDP melakukan pemrosesan data secara berulang kali terhadap data yang sejenis dengan bentuk pemrosesan yang relatif sederhana. Sebagai contoh, pemrosesan data elektronis dipakai untuk pemutakhiran (update) stock dalam suatu daftar barang (inventory), pemrosesan transaksi nasabah bank, pemrosesan booking untuk tiket pesawat terbang, reservasi kamar hotel, pembuatan tagihan untuk suatu jenis layanan, dll.
Tugas EDP
·       Hardware: merakit, troubleshoot, minta penawaran harga, beli peripheral.
·    Software: instal, maintenance, dan update.
· Jaringan: merancang, memasang kabel, bikin server, pasang koneksi internet, maintenance jaringan intranet/internet dan server.
·  Sistem Informasi: menganalisa sistem, bikin situs, hosting, admin web, milis, editorial Internet.
·       Kebijakan Pengembangan: merancang program pengembangan, presentasi, survei.
·        Pengembangan SDM: memberi pelatihan, bikin panduan.
·        Administrasi: laporan pertanggung jawaban, operator web.
Gambar 3. 2. Model Data untuk Server Database Repositori EDP

b.      SIM
Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem perusahaan tentang apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang, dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia didalam laporan periodik, laporan khusus, dan hasil simulasi matematika, output informasi tersebut digunakan manajer saat mereka membuat keputusan untuk pemecahan masalah.
Semua informasi tersebut memiliki karakteristik yang sama untuk bidang area fungsional (marketing, manufaktur, sdm, dan keuangan), level manajemen (operational, manajerial, dan strategis), dan user (manajer atau non manajer) SIM informasi memperoleh data dari database, dimana database tersebut berisi data dan informasi dari SIA (Sistem Informasi Akutansi) dan dari lingkungan.
Suatu SIM bisa juga merupakan suatu sistem informasi antar organisasi (IOS) jika SIM terkoneksi dengan SIM pada perusahaan lain misalnya dengan Suplier.
Adapun fungsi dari sistem informasi manajemen, yaitu sebagai berikut :
1)   Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya perantara sistem informasi.
2)   Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
3)   Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
4)   Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
5)   Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
6)   Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
7)   Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.
8)   Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk mempertahankan persediaan pada tingkat paling rendah agar konsisten dengan jenis barang yang tersedia.
Gambar 3. 3. Model Sistem Informasi Manajemen

c.       Otomatisasi Kantor
Otomatisasi Kantor merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan. Asal mula otomatisasi kantor di awal 1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word processing untuk menjelaskan kegaitan devisi mesin tik listriknya. Bukti nyata, pada tahun 1964, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis.
Automasi kantor kini disebut dengan istilah kantor virtual, mencakup semua sistem elektronik formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang didalam maupun diluar perusahaan.
Otomatisasi Kantor (Office Automation) atau OA adalah penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas.
Pengguna OA dibagi menjadi empat kategori yaitu:
·      Manajer, yang bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya perusahaan.
· Profesional, tidak mengelola tetapi menyumbangkan keahlian khusus yang membedakan mereka dengan sekretaris dan pegawai administrasi.
·    Sekretaris, ditugaskan untuk membantu pekerja terdidik (Manajer & Profesional) untuk melaksanakan berbagai tugas korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
· Pegawai Administrasi, melaksanakan tugas-tugas untuk sekretaris, seperti mengoperasikan mesin fotokopi, menyususn dokumen, menyimpan dokumen, dan mengirim surat.
Gambar 3. 4. Model Otomatisasi Kantor

d.      Expert System (Sistem Pakar)
Sistem pakar adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Sistem pakar adalah program komputer yang mensimulasikan penilaian dan perilaku manusia atau organisasi yang memiliki pengetahuan dan pengalaman ahli dalam bidang tertentu. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an. Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut. Tergantung dari desainnya, sistem pakar juga mampu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat menerapkan koreksi. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mencapai suatu simpulan.
Dengan system pakar, permasalahan yang seharusnya hanya bisa diselesaikan oleh para pakar/ahli, dapat diselesaikan oleh orang biasa/awam. Sedangkan, untuk para ahli, sistem pakar juga akan membantu aktivitas mereka sebagai asisten yang seolah-olah sudah mempunyai banyak pengalaman.
Gambar 3. 5. Model Expert System



DAFTAR PUSTAKA


#SIP KOMPUTER DAN KOGNISI MANUSIA

Oktober 11, 2018 0 Comments
B.  KOMPUTER DAN KOGNISI MANUSIA

1.    Arsitektur Komputer beserta Kelebihan dan Kekurangan
Dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem computer.
Arsitektur komputer ialah suatu ilmu dan juga seni tentang tata cara interkoneksi antara berbagai macam komponen perangkat keras atau hardware agar bisa melahirkan sebuah komputer melengkapi kebutuhan fungsional, kinerja dan juga target keuangannya. Dalam hal bidang teknik komputer, arsitektur komputer diartikan sebagai suatu ilmu yang tujuannya adalah untuk merancang sebuah sistem komputer.
Dapat diakatan bahwa arsitektur komputer merupakan ilmu yang mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program, contoh : set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk mempresentasikan bermacam-macam jenis data (misalnya bilangan, karakter), aritmetika yang digunakan, teknik pengamatan, mekanisme. Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.
a.  Komponen-komponen Arsitektur Komputer   
1)  Unit masukan (Input Unit)
Berfungsi untuk menerima masukan (input) kemudian membacanya dan diteruskan ke memory / penyimpanan.
2)  Unit kontrol (Control Unit)
Berfungsi untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pengendalian seluruh sistem komputer.
3)  Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit / ALU)
Berfungsi untuk melaksanakan pekerjaan perhitungan atau aritmatika & logika seperti menambah, mengurangi, mengalikan, membagi dan memangkatkan.
4)  Unit memori / penyimpanan (Memory / Storage Unit)
Berfungsi untuk menampung data/program yang diterima dari unit masukan sebelum diolah oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah oleh CPU yang selanjutnya diteruskan ke unit keluaran.
5)  Unit keluaran (Output Unit)
Berfungsi untuk menerima hasil pengolahan data dari CPU melalui memori. 

Gambar 2. 1. Komponen-komponen Arsitektur Komputer  

Gambar 2. 2. Arsitektur PC Modern

Gambar 2. 3. Arsitektur Komputer Umum


b.    Kelebihan dan kekurangan Arsitektur Komputer
Kelebihan :
·         Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu.
·         Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user).
·         Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan.
·         Menggunakan teknologi time sharring.
·         Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second).
Kekurangan :
·  Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk   menyimpannya.
·         Harganya sangat mahal.
·         Interface dengan pengguna masih menggunakan teks.
·         Kerjanya sangat lama.
·         Membutuhkan daya listrik yang sangat besar.

2.    Struktur Kognisi Manusia

Struktur kognitif manusia adalah fakta-fakta, konsep-konsep dan generalisasi-generalisasi yang telah dipelajari dan diingat manusia.
Secara terpisah, struktur merupakan sesuatu yang dibangun atau yang disusun dengan pola tertentu. Sedangkan kognisi adalah suatu kemampuan berpikir (pengetahuan, kesadaran, kontrol, dll) dimana yang menjadi objek nya adalah diri manusia itu sendiri. Ada beberapa aspek yang mempengaruhi struktur kognitif, antara lain yaitu:
a.    Berdasarkan kedewasaan dan perkembangan individu
b.    Sifat belajar yang lebih bermakna dari pengalaman yang terintegrasi
c. Ketepatan dalam mentransformasi informasi stimulus dan pengalaman melalui fungsi kognisinya.
Pandangan kognitif dalam bidang informasi dianggap berbeda dengan pandangan kognitif dalam kerja otak manusia. Disini pandangan kognitif menekankan pada pemrosesan informasi yang di dapat dalam kerja otak dan kesadaran manusia. Struktur kognisi manusia merupakan bagian atau komponen yang terstruktur dalam otak manusia yang memberi pengetahuan berdasarkan sistem, skema, adaptasi, asimilasi dan akomodasi yang membentuk suatu kematangan dan pengalaman otak dalam menjalankan kehidupan sosial bagi seorang manusia. Sedangkan arsitektur komputer merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Kedua nya disini sama-sama membahas suatu struktur pengoperasian dasar, namun beda nya struktur kognisi diproses di dalam otak.

3.    Kaitan antara Arsitektur Komputer dan Kognisi Manusia
Kaitan antara struktur manusia dan arsitektur komputer, dimana struktur manusia adalah suatu unsur yang saling berhubungan antara satu sama yang lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi-fungsi, skema. Seperti bagian otak yang mengakomodir unsur bagian -bagian tubuh manusia yg menjadikan suatu sistem yang kompleks. Sedangkan, Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
Untuk menjelaskan dan memahami kaitan anatara struktur kognitif manusia dan arsitektur Komputer, dimana dapat disimpulkan perbedaan antara struktur kognisi manusia dan arsitektur komputer adalah struktur kognitif manusia itu proses berpikir yang terjadi pada diri manusia, sehingga memiliki kontrol terhadap proses berpikirnya sendiri. Sedangkan arsitektur komputer yang menciptakan adalah manusia, manusia yang membuat program, manusia yang membuat pola dari sistem komputer itu, sehingga yang memiliki peran utama dari semuanya adalah manusia itu sendiri, dan jika disatukan, maka akan menimbulkan suatu hubungan timbal balik yang sangat menguntungkan bagi manusia.
Tetapi yang paling baik menurut saya adalah kognisi manusia karena arsitektur komputer diciptakan oleh manusia yang mana berasal dari kognisi manusia terhadap proses berfikir yang terjadi sehingga bisa menciptakan arsitektur computer sesuai kebutuhan dan bisa menguntungkan bagi manusia pula.

DAFTAR PUSTAKA

#SIP DEFINISI SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

Oktober 11, 2018 0 Comments

A.  DEFINISI
1.        Sistem
Pengertian sistem merupakan sebuah satu kesatuan dari seluruh bagian yang saling berkaitan dimana keberadaannya terdapat pada suatu wilayah atau bagian yang mempunyai item-item penggerak di dalamnya. Sedangkan menurut etimologi, sistem berasal dari kata Systema (Bahasa Latin) dan Sustema (Bahasa Yunani) yang mempunyai arti sebagai sebuah satu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan secara bersamaan supaya informasi atau materi dapat mengalir dengan mudah dan tanpa hambatan hingga mencapai tujuan.
Menurut Jogiyanto (2005) Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu
Indrajit (2001) mengemukakan bahwa sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.
Dari berbagai penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sistem merupakan sebuah satu kesatuan yang mengandung arti kumpulan dari komponen-komponen jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan sesuatu sehingga mencapai tujuan tertentu.
a.    Elemen sistem
      Input
      Proses
      Output


Gambar 1. 1 Model Sistem Komputer

2.        Informasi
Secara etimologi, informasi merupakan kata atau istilah yang berasal dari  informacion (Bahasa Perancis Kuno, tahun 1387). Sedangkan dalam bahasa Latin, informasi berasal dari kata Informationem yang mempunyai arti sebagai konsep ide atau garis besar.  Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam pengetahuan yang dikomunikasikan.

Menurut Jogiyanto (1999) informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
Menurut Gordon (1991) informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.
Dari pengertian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan suatu pengetahuan yang dapat dikomunikasikan dengan metode tertentu dalam pengolahan data yang lebih berguna dan berarti bagi penerima untuk mengambil keputusan.


Gambar 1. 2. Siklus Informasi


3.        Psikologi
Menurut asal katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu psyche yang berarti jiwa dan logia yang artinya ilmu, sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Psikologi merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan tentang perilakufungsi mental, dan proses mental manusia secara ilmiah.
Menurut Basuki (2008), bahwa psikologi itu adalah ilmu pengetahuan ilmiah yang mempelajari perilaku, sebagai menifestasi dari kesadaran proses mental, aktivitas motorik, kognitif, & emosional.
Morgan dalam Basuki (2008), psikologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dan binatang serta penerapannya pada permasalahan manusia.
Berdasarkan penjelasan psikologi di atas dapat disimpulkan bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang jiwa, perilaku, sebagai manifestasi dari keasadaran proses mental, aktivitas motorik, kognitif, dan emosional serta penerapannya.

4.        Sistem Informasi Psikologi
Sistem informasi psikologi adalah suatu satu kesatuan yang digunakan untuk memperoleh informasi yang bertujuan untuk memberi tahu informasi mengenai hubungan psikologi dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi untuk dapat meningkatkan pengguna dalam menggambil suatu keputusan,
Contoh Sistem Informasi Psikologi:
  Test IQ
  Analisa
  Tes Kepribadian http://kepribadianku.com/
  Tes Kepribadian berdasarkan bercak tinta http://theinkblot.com/
  Konsultasi anak  http://www.psikoanak.com/




DAFTAR PUSTAKA

Basuki, H. (2008). Psikologi umum seri diklat kuliah. Jakarta: Universitas Gunadarma.
Gordon B, D. (1991). Kerangka dasar sistem informasi manajemen bagian 1. Jakarta: PT Pustaka Binamas Pressindo.
https://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi
Indrajit. (2001). Analisis dan perancangan sistem berorientasi object. Bandung: Informatika.
Jogiyanto, H, M. (2005). Analisis dan desain sistem informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.